Jumat, 05 Oktober 2012

MANFAAT DAGING KERBAU

Khasiat Kerbau menurut Syaikh Ad-Damiri dalam kitab Hayatul Hayawan: 
- Kulit kerbau apabila dibakar didalam rumah dapat mengusir serangga/kutu 
- Daging kerbau sangat bermanfaat untuk meningkatkan berat badan 

- Lemak kerbau (gajih: jawa) apabila di campur dengan garam darat dan di oleskan pada jerawat, kudis, kusta, panu dan penyakir kulit lainnya Insya Allah akan sembuh
- Ibnu Zahir mengutip dari Aristoteles mengatakan bahwa didalam otak kerbau itu ada cacing. Siapa saja yang mengambil sesuatu dari otaknya kemudian digantungkan di tubuh manusia, maka selama digantungkan dia tidak akan bisa tidur.

LANTARAN faktor kebiasaan, sebagian orang lebih memilih mengonsumsi daging sapi ketimbang daging kerbau. Padahal nyatanya, daging kerbau juga menyimpan sejuta manfaat saat disantap.

“Daging kerbau memiliki kandungan untuk kesehatan lebih baik dibandingkan jenis daging lainnya macam daging sapi, daging ayam, daging kambing, bahkan daging ikan sekalipun,” kata Gatot Paristiwahono selaku penjual sate kerbau “Mo-Yoo” kepada okezone di “Festival Kuliner Serpong” di Mal Summarecon Serpong, Tangerang, baru-baru ini.

Menurutnya, daging kerbau juga memiliki daya kolesterol yang sangat rendah dibandingkan daging yang lainnya.

“Sebelum menjual sate kerbau, saya harus tahu produk yang dijual sehat. Saya amati daging kerbau memiliki tingkat kolesterol rendah (40). Ini berbeda dengan daging sapi (77), daging kambing (78), daging ayam (72), daging ikan (74), lobster (61), dan daging babi (79),” ulasnya.

Gatot pun menjamin masyarakat yang mengonsumsi daging kerbau merasakan cita rasa yang lezat.

“Kalau kita pintar mengolahnya, pasti daging kerbau itu sangat enak dimakan dan dagingnya tidak keras,” katanya.

Nah, sebelum mengonsumsi daging kerbau, saran Gatot, sebaiknya Anda harus pintar memilih daging kerbau yang masih mentah, sebab bentuk dan tekstur daging kerbau hampir sama dengan daging sapi.

“Daging kerbau itu hampir sama dengan daging sapi.


0 komentar:

Posting Komentar